Pengertian dan Manfaat dari KYC

Saat ini penerapan KYC atau yang merupakan singkatan dari know your customer merupakan hal yang cukup biasa diterapkan terutama oleh pihak bank. Hal tersebut bertujuan agar nantinya bangun bisa lebih mengenal nasabah, sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Perlu anda ketahui bahwa KYC adalah sebuah prinsip yang mana di sini di aplikasikan oleh bank dalam mengetahui identitas dari para nasabah untuk memantau segala aktivitas transaksi yang dilakukan. Termasuk di sini laporan transaksi yang dirasa mencurigakan.

Selain layanan perbankan, di sini KYC juga biasa diterapkan dalam dunia finansial dan penerapan tersebut cukup beragam. Dan untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai KYC, di bawah ini dapat anda simak ulasannya !

Apakah Manfaat yang Ditawarkan Oleh KYC ?

 

KYC ini memiliki manfaat dalam mengurangi resiko terjadinya pencurian uang. Hal itu dikarenakan nasabah nantinya tidak akan dapat memanipulasi data atau pun memalsukan data. Sehingga dengan begitu potensi untuk terjadinya proses pemalsuan pada data akan dapat diminimalisir dengan maksimal, serta institusi keuangan pun juga bisa menghindari hal tersebut.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, proses KYC pun ini juga dapat di terapkan dengan cara digital atau elektronik. Cara yang satu ini dikenal dengan istilah e-KYC. Cukup berbeda dengan KFC yang pada umumnya Anda lihat.

Aplikasi tersebut tidak harus dilakukan dengan cara tetap muka secara langsung seperti yang umumnya sering Anda lihat. Karena di dalam e-KYC sendiri proses verifikasi dapat dilakukan dengan digital. Hal tersebut dapat di lakukan dengan menggunakan video call, mengirim foto KTP atau foto diri ketika hendak melakukan verifikasi.

Dengan begitu tentunya disini Anda tidak harus repot dalam melakukan aktivitas secara tatap muka. Terutama ketika masa pandemi yang masih melanda seperti sekarang ini. Tak hanya itu saja, yang mana dengan makin berkembangnya layanan finansial yang berbasis online, maka makin terbuka pula peluang dalam menerapkan e-KYC di tanah air.

Sekian sedikit ulasan singkat yang dapat kami paparkan di atas mengenai manfaat yang di tawarkan oleh KYC itu sendiri, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.