Rekomendasi Aksesoris Kamera Untuk Menunjang Fotografi Anda

Jika anda salah satu orang yang menggemari dunia fotografi maka tentunya anda membutuhkan kamera sebagai perangkat utamanya, tetapi tahukah anda ternyata saat mulai memasuki dunia fotografi profesioanl bukan hanya kamera saja yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan tersebut, melainkan ada beberapa aksesoris tambahan yang harus dimiliki untuk menunjang aktifitas fotografi anda.

Karena biasanya saat melakukan sesi pemotretan medan yang dipilih sebagai latar belakang bermacam – macam oleh karena itu penggunaan ala – alat penunjang fotografi ini dianggap penting karena tentunya dapat mempermudah proses pengambilan foto. Selain itu aksesoris tambahan ini juga bisa berfungsi untuk memberikan efek hasil foto yang lebih bagus lagi.

Berikut ini terdapat rekomendasi beberapa aksesoris fotografi tambahan yang wajib anda punya demi menunjang hasil fotografi anda.

  1. Tas kamera

Tentunya tas kamera ini menjadi hal penting kedua yang harus dipersiapkan oleh para fotografer terutama jika anda sering melakukan sesi pemotretan diluar ruangan. Penggunaan tas kamera ini dianggap bisa meringkas barang bawaan atau perangkat kamera seperti lensa karena bisa dimasukan kedalam tas sekaligus. Selain itu tas ini juga berfungsi untuk menjaga kamera dari goresan setelah selesai digunakan.

  1. Tripod

Selanjutnya ada tripod yang merupakan aksesoris yang berfungsi untuk menopang kamera agar menghasilkan hasil jepretan yang stabil. Tripod ini akan sangat membantu untuk mempertahankan sudut pengambilan gambar yang baik dalam jangka waktu yang lama. Tripod ini juga tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

  1. Flash Eksternal

Alat ini juga sangat membantu untuk digunakan saat anda harus memotret di keadaan yang kurang cahaya. Meskipun sebenarnya di setiap kamera sudah terdapat fitur flash tetapi tidak jarang pada beberapa acara masih dibutuhkan tambahan lampu flash agar hasil jepretannya optimal. Lampu flash ini juga menjadi aksesoris dasar yang harus dimiliki fotograper professional.

  1. Dry Box

Bagi anda yang memiliki kamera DSLR tentunya tidak ingin kalau lensa kamera anda ditumbuhi jamur, oleh karena itu anda yang memiliki kamera DSLR sebaiknya juga harus memiliki dry box untuk penyimpanan kamera karena dry box ini merupakan tempat yang terjaga tingkat kelembapannya sehingga kamera anda terhindar dari pertumbuhan jamur.

  1. Cleaning Kit

Cleaning kit ini juga menjadi salah satu aksesoris wajib yang dimiliki untuk membersihkan kamera setelag digunakan, karena lensa kamera tidak bisa sembarangan dibersihkan oleh kain maka sebaiknya anda memiliki alat ini untuk digunakan saat membersihkan kamera agar lensa kamera benar – benar bersih tanpa merusak lensa kamera.

  1. Filter UV

Hampir mirip dengan lampu flash tambahan, penggunaan filter UV ini juga berguna untuk mendukung pencahayaan dimana nantinya filter ini akan melindungi lensa dari goresan ataupu kotoran yang mungkin menempel pada lensa dan mempengaruhi hasil foto. Filter UV ini juga berguna untuk mengurangi pantulan cahaya dan mempertajam objek tertentu.

  1. Baterai Cadangan

Baterai cadangan ini sangat penting dibawa kemanapun karena sebaiknya memang kamera tidak digunakan sampai baterainya benar – benar habis. Ada baiknya saat baterai mulai menurun sebaiknya langsung diganti dengan baterai cadangan sambil menunggu baterai utama selesai di charge.

Itulah beberapa aksesoris tambahan yang harus anda miliki untuk menunjang hasil fotografi anda, setiap alat diatas memiliki kegunaannya masing – masing jadi ada baiknya saat membeli kamera anda juga harus memikirkan budget untuk membeli aksesoris tambahan tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.