Fungsi Software Akuntasi Bagi Bisnis

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh para pemilik bisnis adalah memastikan bahwa setiap transaksi tercatat dengan baik. Dengan seperti itu nantinya pemilik bisnis akan mengetahui berapa laba-rugi yang diterima dari hasil bisnis yang dijalankan dalam periode tertentu.

Adapun, pencatatan transaksi terbaik yang bisa dilakukan saat ini adalah pencatatan otomatis dengan menggunakan bantuan software komputer.

Dengan software akuntansi, segala sesuatu dapat berjalan dengan mudah. Anda hanya tinggal mengetahui hal-hal teknis yang berhubungan dengan akuntansi saja, selebihnya biarkan mesin teknologi yang mengerjakan.

Nah, apa saja sih sebetulnya fungsi software akuntansi dalam bisnis dan apa saja manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari software akuntansi.

Apa Fungsi Software Akuntasi Bagi Bisnis?

  1. Membantu Pekerjaan Kasir

Umumnya, software akuntansi dijual satu paket dengan software Point of Sales atau software kasir. Nantinya software kasir akan digunakan di meja kasir untuk membantu dalam hal penghitungan jumlah total bayar dari para pengunjung.

Setiap inputan transaksi yang nantinya masuk di aplikasi kasir akan langsung diproses oleh sistem akuntansi sehingga menjadi sebuah laporan yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun ketika dibutuhkan.

  1. Melakukan Kontrol Keuangan Bisnis

Salah satu fungsi utama dari software akuntansi atau biasa disebut accounting software adalah merekam setiap kegiatan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Dengan seperti itu pemiliki bisnis tahu bagaimana transaksi bisnis berjalan, berapa laba-rugi yang didapatkan dan juga hal lainnya yang berkaitan dengan perusahaan.

Jika pemilik bisnis mengawasi setiap transaksi keuangan, ia bisa melakukan kontroling terhadap uang yang ada di perusahaan sehingga tidak mudah ditipu oleh oknum karyawan tidak bertanggung jawab.

Setiap data transaksi akan tercatat pada database software sehingga jika terjadi sebuah kecurangan, pemilik usaha akan mengetahui lewat data yang ada pada software akuntansi.

  1. Akurasi Data

Bagaimanapun teknologi dianggap lebih unggul dari manusia dalam hal keakuratan penghitungan. Mesin yang dirancang dengan algoritma tertentu bisa meminimalisir kesalahan kesalahan dalam proses matematika.

Dengan begitu, setiap data yang masuk ke software akuntansi nantinya akan diolah secara akurat sehingga dapat juga menghasilkan laporan yang sama akuratnya.

Data-data tersebut nantinya bisa berguna dalam berbagai hal, salah satunya adalah bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pihak-pihak berkepentingan di perusahaan.

  1. Manajemen Sumber Daya

 

Bukan hanya mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, software akuntansi juga memiliki fitur yang memudahkan user untuk mengolola setiap sumber daya yang dimilikinya, mulai dari sumber daya manusia sampai dengan aset yang dimiliki.

Dengan software, anda misalnya dapat mengetahui berapa stok produk barang A di gudang, bagaimana penjualannya, tanggal kadaluarsa dan lain sebagainya.

Begitupun misalnya dengan pelanggan, dengan software anda akan tahu pelanggan mana yang loyal berbelanja di tempat anda dan sering menghabiskan uang dalam jumlah besar saat transaksi.

Dari sisi karyawan juga, software akuntansi dapat merekam setiap aktivitas yang dilakukan oleh karyawan sehingga nantinya anda bisa mengambil keputusan tertentu ketika melakukan evaluasi terhadap setiap karyawan.

Nah, kurang lebih itulah fungsi dari software akuntansi dalam dunia bisnis. Saat ini banyak sekali software akuntansi yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah Olsera.

Untuk anda yang sedang mencari referensi software kasir dan akuntansi terbaik, tidak ada salahnya menggunakan olsera sebagai aplikasi untuk bisnis anda. Jika anda tertarik segera Daftar Sekarang dengan mengklik tautan berikut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.