Penyebab Benjolan di Ketiak

SehatQ, Penyebab Benjolan di Ketiak

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang memang terkadang sering luput dari perhatian tetapi perlu untuk diperiksa secara rutin dan berkala. Jika di sini terdapat benjolan tumbuh bisa jadi Anda kurang menyadari hal tersebut.

Penyebab benjolan yang terdapat di bagian ketiak sangatlah beragam baik yang berbahaya ataupun tidak. Wanita biasanya lebih rentan mengalami kondisi tersebut jika dibandingkan dengan laki-laki. Untuk mengatasi benjolan yang terdapat pada ketiak Anda perlu mengetahui faktor penyebab benjolan di ketiak.

Apa Penyebab Benjolan di Ketiak?

 

Benjolan yang terdapat di ketiak bisa memiliki ukuran besar ataupun kecil dan sebagian benjolan dapat mengindikasikan masalah yang cukup serius sedangkan yang lain tidak. Berikut ini adalah beberapa penyebab benjolan yang terdapat pada ketiak.

Gigitan Serangga

Gigitan serangga utamanya di sini nyamuk bisa mengakibatkan timbulnya benjolan merah di bagian ketiak. Kondisi tersebut umumnya juga disertai dengan rasa gatal yang sangatlah mengganggu.

Infeksi Bakteri

Benjolan di ketiak kiri maupun kanan bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri seperti contohnya bakteri Staphylococcus atau Streptococcus. Saat Anda mencabut maupun mencukur bulu ketiak bakteri nanti yang bisa masuk ke dalam foliker rambut ketiak sehingga akan menumpuk bersama dengan kulit-kulit mati. Hal itu akan mengakibatkan benjolan kecil di ketiak yaitu berupa bisul yang tumbuh dan berisi nama nanah.

Infeksi Virus

Infeksi virus seperti cacar air, HIV bisa menjadi penyebab ada benjolan di ketiak kiri maupun kanan. Kondisi tersebut dapat disertai oleh gejala-gejala lain seperti lemas dan nyeri otot serta penurunan nafsu makan.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur nyatanya juga bisa memicu munculnya benjolan di bagian ketiak. Jamur bisa tumbuh dengan sangat baik pada kulit yang hangat serta lembab sehingga mereka sangat senang menempati bagian ketiak di tubuh manusia.

Benjolan yang diakibatkan oleh infeksi jamur candida bisa terjadi ketika kulit ketiak di sini mengalami iritasi. Kondisi tersebut juga seringkali diiringi dengan rasa gatal, perubahan tekstur kulit, ruam bahkan hingga sensasi panas yang sangat mengganggu.

Peradangan Pada Kelenjar Keringat

Jika di sini benjolan yang terdapat pada ketiak Anda terasa sakit ketika Anda tekan maka bisa jadi kondisi tersebut diakibatkan oleh peradangan pada kelenjar keringat. Peradangan tersebut bisa memicu munculnya benjolan besar maupun kecil yang terasa nyeri dan berwarna merah di bagian bawah kulit.

Peradangan kelenjar keringat yang terdapat di bagian ketiak bisa memicu folikel rambut yang terinfeksi rambut tumbuh ke dalam ataupun oleh karena gigitan serangga.

Lipoma

Benjolan di ketiak juga bisa diakibatkan oleh lipoma. Yaitu pertumbuhan jaringan lemak yang di sini berkembang di area bawah kulit. Benjolan lemak di ketiak tersebut umumnya memiliki sifat jinak. Semua kalangan bisa menghalangi lipoma di bagian ketiak mereka tapi penyebabnya masih belum diketahui dengan pasti.

Reaksi Alergi

Penyebab benjolan di bagian ketiak selanjutnya yaitu dikarenakan reaksi alergi. Reaksi alergi pada penisilin maupun yodium juga dapat menjadi penyebab mengapa muncul benjolan di bagian ketiak tersebut.

Jika di sini Anda memiliki risiko alergi pada sebuah makanan ataupun obat tertentu maka sebaiknya Anda perlu mengunjungi dokter sebelum konsumsi agar terhindar dari alergi. Selain itu alergi pada deodorant, parfum maupun sabun juga bisa mengakibatkan timbulnya satu atau bahkan lebih benjolan di bagian ketiak.

Itulah tadi ulasan mengenai apa saja penyebab munculnya benjolan pada ketiak. Setelah di sini Anda mengetahui penyebabnya maka Anda pun bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.