Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 8 Halaman 92 93 94 95 96 97 100 101: Tanda Pengenal Seragam Pramuka

Inilah kunci jawaban Kelas 3 SD Tema 8 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 5 halaman 92, 93, 94, 95, 96, 97, 100, dan 101. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Kelas 3 SD Tema 8, memiliki judul Praja Muda Karana. Kemudian, pada Subtema 2 Buku Tematik Tema 8, berjudul Aku Anak Mandiri.

Adapun dalam artikel ini berisi kunci jawaban Subtema 2 Pembelajaran 5 di halaman 92, 93, 94, 95, 96, 97, 100, dan 101. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapatkan tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus dapat terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga memiliki banyak tanda kecakapan khusus.

Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri. Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas! Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?

Tanda pengenal yang ada pada seragam pramuka Siti dan Lani adalah tanda kecakapan umum dan tanda kecakapan khusus. Apa saja persamaan dan perbedaannya? Tuliskan persamaan dan perbedaan pada tabel berikut!

Persamaan tanda pengenal yang dimiliki Lani dan Siti adalah: Persamaan: Tanda pengenal adalah tanda jabatan, tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman. Perbedaan: Tanda jabatan.

Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifat dari bangun persegi panjang! Siapkan tali untuk mengukur panjang sisi persegi panjang! Siapkan pula pojok siku siku yang terbuat dari potongan kertas!

Ukur sisi AB menggunakan tali, lalu potong. Ukur sisi CD menggunakan tali, lalu potong. Ukur sisi AD menggunakan tali, lalu potong. Ukur sisi BC menggunakan tali, lalu potong. Amati potongan tali! Apa yang kalian temukan?…

Panjang sisi AB … CD dan AD … BC. Lalu, ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku siku! Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.

Apa yang kalian temukan? Besar sudut A … sudut B … sudut C … sudut D. Lakukan kegiatan yang sama untuk persegi panjang 2 dan 3!

Besar sudut A = sudut B = sudut C = sudut D. Amati potongan tali! Apa yang kalian temukan?

Panjang sisi AB … CD dan AD … BC Ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku siku! Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.

Apa yang kalian temukan? … Besar sudut A … sudut B … sudut C … sudut D. Besar sudut A = sudut B = sudut C = sudut D.

Amati potongan tali! Apa yang kalian temukan? Panjang sisi AB … CD dan AD … BC

Ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku siku! Panjang sisi AB = CD dan AD = BC. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan sebelumnya!

Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi panjang. Apakah persegi panjang merupakan bangun segi empat? Ya.

Bagaimana ukuran panjang sisi sisinya? Sisi yang berhadapan memiliki ukuran yang sama. Bagaimana ukuran besarnya sudutnya?…

Semua sudut sama besar, yaitu pojok siku siku. Buatlah simpulan sifat persegi panjang dari kegiatan tersebut! Persegi panjang adalah bangun segi empat dengan sisi yang berhadapan sama panjang, dan memiliki empat sudut siku siku.

Sikap: Beribadah Lambang: Bintang Bunyi: Ketuhanan yang Maha Esa

Sikap: Memberi bantuan kepada orang yang kesulitan Lambang: Rantai Bunyi: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sikap: Memberi kesempatan semua anggota tampil Lambang: Padi dan Kapas Bunyi: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sikap: Mendamaikan teman yang sedang berselisih Lambang: Kepala Banteng Bunyi: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sikap: Membersihkan kelas bersama sama Lambang: Pohon Beringin Bunyi: Persatuan Indonesia

Apakah kamu pernah melakukan salah satu sikap tersebut di atas? Coba tuliskan pengalamanmu! Setiap hari Jumat, di sekolahku mengadakan kegiatan bersih bersih.

Semua murid wajib berpartisipasi dalam membersihkan kelas dan lingkungan sekolah. Masing masing siswa memiliki tugas yang sudah dibagi secara musyawarah. Dengan begitu, tercipta keadilan untuk seluruh murid agar tidak timbul kecemburuan.

Sikap tersebut termasuk dalam pengamalan sila ke 5 yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Orang tua mengajak berlatih berdiskusi dan bekerja sama dalam kegiatan rumah. Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.