Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 146, 148, 149, dan 150, Bagaimana Terjadinya Banjir?

Berikut adalah Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 146, 148, 149, dan 150. Buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD berjudul Kayanya Negeriku dengan Subtema 3 dalam Buku Tematik Tema 9 berjudul Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri.

Adapun kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak. Coba diskusikan bersama dengan temanmu untuk menjawab pertanyaan pertanyaan berikut: 1. Haruskah orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi? Mengapa?

Jawaban: Ya, orang yang mengabaikan kewajiban harus diberi sanksi. Agar mereka mendapatkan efek jera dan tidak mengulangi perbuatannya lagi. Karena ketika mereka mengabaikan kewajibannya, akan berakibat ke diri sendiri dan orang lain. 2. Sebutkan contoh sanksi bagi orang yang tidak melaksanakan kewajiban.

Jawaban: Kewajiban yang dilanggar: Terlambat berangkat ke sekolah. Sanksi: Menyapu dan memunguti sampah.

Kewajiban yang dilanggar: Tidak mengerjakan PR. Sanksi: Berdiri di depan kelas selama pelajaran dimulai dan mengerjakan PR yang seharusnya dikerjakan. Kewajiban yang dilanggar: Tidak mengerjakan piket sekolah.

Sanksi: Mengerjakan piket selama 3 hari. Kewajiban yang dilanggar: Mencontek saat ujian atau ulangan. Sanksi: Dikeluarkan dari kelas dan tidak mendapatkan nilai.

Kewajiban yang dilanggar: Tidak mematuhi rambu rambu lalu lintas. Sanksi: Kena tilang. Kamu telah membaca bacaan ”Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir?”.

Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Kemudian, lengkapilah gambar peta pikiran berikut. Kapan terjadi banjir?

Jawaban: Setiap tahun saat musim hujan. Apa penyebab banjir? Jawaban:

Saat di Puncak Bogor hujan lebat, air akan turun ke Jakarta karena daerah puncak lebih tinggi dari Jakarta. Apalagi di Jakarta tidak ada sungai yang mampu menampung derasnya aliran air karena sungai penuh tumpukan sampah. Bagaimana terjadinya banjir? Jawaban:

Air hujan mengalir dari Puncak Bogor ke Jakarta. Sementara sungai yang menampung derasnya aliran air di Jakarta sempit dan dangkal. Selain itu, tanah resapan juga semakin sempit sehingga air yang diserap tanah sangat sedikit. Maka aliran air yang tidak teraliri dengan baik akan menjadi banjir. Timbulnya bencana salah satunya disebabkan oleh sebagian besar masyarakat yang tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan alam sekitar. Mereka banyak membuat kerusakan tanpa mau melakukan usaha usaha pelestarian.

Bencana apa saja yang bisa timbul jika manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut. Jawaban Nama: Andi

Pertanyaan yang diajukan: Bencana apa saja yang bisa timbul jika manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar? Hasil wawancara: 1. Pak Hadi: Kebakaran

2. Bu Mina: Banjir 3. Lina: Lingkungan kotor 4. Dea: Polusi

5. Kiki: Tidak ada air bersih 6. Binta: Tidak ada udara bersih 7. Citra: Banyak penyakit

8. Deka: Lingkungan tidak sehat 9. Hani: Selokan tersumbat 10. Alif: Tidak ada tumbuhan yang bisa hidup

1. Apa yang kamu pelajari hari ini? Jawaban: Hak dan kewajiban sebagai warga negara dapat membuat lingkungan sekitar berjalan lebih baik. 2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban: Peduli terhadap sekitar. 3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Menerapkan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Lebih peduli tentang kewajiban sebagai warga negara. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.